Friday, January 15, 2016

Bungkus Silica Gel Jangan Dibuang! Kamu Bisa Gunakan untuk 10 Hal Keren ini loh

Unknown
Kamu sering beli sepatu? Atau barang yang dikemas di dalam kardus? Atau botol pil obat? Pasti kamu tahu dong silica gel, yang bentuknya kertas kecil persegi panjang warna putih.
Itu bukan permen ya, guys. Silica gel turut disertakan dalam produk yang kamu beli sebagai bahan perawatan barang yang kamu beli. Tapi nggak banyak orang tahu loh kalo silica gel ini punya segudang manfaat. Malahan biasanya langsung dibuang ke tempat sampah.
Penasaran apa manfaatnya? Berikut fungsi-fungsi lain dari Silica Gel!
1

Agar kamera waterproof mu nggak cepat rusak, selipkan silica gel di tas kameramu.

Kamera waterproof emang keren banget. Kita bisa mengabadikan momen-momen seru di kolam renang atau di laut. Tapi yang paling nyebelin adalah kalo kameranya jadi mengembun. Wah bisa rusak nih kamera! Makanya, gunakan silica gel di tempat tas kamera, supaya semua yang lembab dan basah akibat dipake di daerah berair jadi cepet hilang.
2

HP jatuh ke air itu emang petaka, tapi jangan nelangsa karena silica gel bisa membantu mengeringkannya.

Apes! Tiba-tiba tangan selip, trus HP jatuh ke air! Atau nggak, asyik minum tiba-tiba kesenggol, airnya tumpah deh di atas HP. 
Tenang aja. Pertama, lepaskan dulu baterai HP dan memory card dari HP, lalu masukkan HP ke dalam semangkok penuh silica gel. Silica gel akan membantu menyerap air yang telah merembes masuk ke dalam sirkuit HP. Diamkan kira-kira semalam sebelum dinyalakan lagi. Besok, HP-mu udah siap dipake lagi!
3

Kamera lembab bikin lensa jadi buram. Supaya hasil foto jadi lebih bagus, gunakan silica gel.

Kalo tempat penyimpanan kameramu lembab, lensanya bisa jadi buran dan mengembun loh. Hasil fotopun jadi kabur gara-gara hal ini. Nah supaya nggak kejadian kayak gini, gunakan silica gel untuk menjaga tingkat kelembapan kameramu, sehingga lensa buram pun bisa terhindarkan. Sayang kan kalo beli kamera mahal-mahal tapi hasilnya buram.
4

Daripada gonta-ganti cutter atau pisau cukur karena tumpul, simpan di tempat penyimpanan bersama silica gel biar ketajaman tetap terjaga.

Jangan kaget kalo kamu merasa ketajamannya jadi kurang padahal jarang kamu pake. Itu semua karena oksidasi dan kelembapan, hal yang bisa membuat ketajaman pisau cukur atau cutter berkurang. Makanya, simpan di laci yang tertutup, trus jangan lupa selipkan beberapa bungkus silica gel untuk memperpanjang masa hidupnya!
5

Alat make up juga bisa dijaga dengan silica gel loh, biar nggak jamuran.

Perawatan alat make up gampang banget kok. Masukin aja silica gel ke dalam tas make up. Dijamin alat make up mu tetap awet dan penampilanmu tetap terjaga cantik selalu.
6

Album foto itu menyimpan sejuta kenangan. Supaya fotomu bisa tetap awet sampai kamu tua, selipkan silica gel di dalamnya.

Kadang kita dilema urusan foto. Kalo disimpen dalam bentuk file, ada resiko file bisa hilang kena virus atau file nggak bisa dibuka karena file error. Tapi kalo foto cetak, ada kemungkinan foto jadi rusak karena termakan usia dan jamur. Nah disinilah fungsi silica gel. Silica gel akan menjaga foto tetap kering sehingga mengurangi uap air yang bisa jadi penyebab foto berjamur dan menguning. Walau udah puluhan tahun, foto kenanganmu dulu pasti masih bisa dilihat jelas sama anak cucu.
7

Apapun yang sifatnya besi, semuanya bisa dijauhkan dari proses berkarat dengan silica gel.

Proses berkarat disebabkan oleh adanya air yang berada di udara, sehingga proses oksidasi pun akan menyerang benda yang terbuat besi. Karena itu, gunakan silica gel di tempat penyimpanan perkakas-perkakas di rumahmu supaya mereka tetap kering dan lebih tahan lama. Proses berkarat emang pasti terjadi, tapi waktunya jadi lebih lama.
8

Biar pil atau obat lainnya tetap dalam kondisi prima, simpan di tempat yang sudah diselipkan silica gel.

Biasanya dalam botol obat ini sendiri sudah tertanam sebungkus silica gel kecil biar pil tetap kering dan basah. Tapi untuk jaga-jaga, sediakan silica gel lagi di tempat penyimpanan obatmu biar makin tahan lama.
9

Sebel banget kalo ngeliat buku komik atau novel menguning. Hindari jamur pada bukumu dengan bantuan silica gel!

Punya banyak koleksi komik atau novel sampai bisa bikin perpustakaan pribadi tuh keren banget. Yang nggak keren itu adalah ketika semua buku berhargamu itu kalah dengan jamur sehingga buku jad menguning bahkan rusak! Biar nggak terhindar dari masalah ini, kamu bisa letakkan beberapa bungkus silica gel di tiap rak atau tempat penyimpanan buku biar bukumu lebih awet dan nggak berjamur. Selain itu, bau buku tua pun nggak menyengat karena silica gel juga bisa menyerap aroma nggak sedap. 
Silica gel juga bisa digunakan untuk kertas-kertas dokumen yang penting loh.
10

Supaya stok makanan anjing dan kucing peliharaan tetap neak selu, jangan lupa masukkan silica gel di dalamnya.

Sama seperti snack bungkusan yang biasa kita beli, makanan anjing atau kucing juga akan tetap terjaga dengan baik kalo kita menyimpannya dengan benar. Sisipkan aja kira-kira 1-2 bungkus silica gel ke dalam kotaknya. Dijamin kualitas pet food ini akan terjaga dan renyah. Tenang, silica gel nggak berbahaya kok selama masih ada pembungkusnya. Rasa makanan juga nggak akan berubah.

Nah, sekarang tahu kan ternyata silica gel tuh punya banyak banget kegunaan. Jadi jangan keburu dibuang dulu ke tempat sampah ya. Kalo nggak punya silica gel di rumah, kamu bisa beli di beberapa online shop dengan harga murah kok.

Semoga bermanfaat!


About the Author

Unknown / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

SCIENCE & TECHNOLOGY

Games & Multimedia

Followers

Blog Archive

Follow us on FaceBook